Monday 8 December 2014

10 Ciri Pribadi Muslim



1. Salimul Aqidah (Aqidah yang kokoh).
Yang pertama yaitu salimul akidah. Sudah sangat jelas seorang pemimpin harus memegang teguh ibadahnya. Bukan dari golongan sesat dan beragama.

2. Benar Ibadahnya.
eorang pemimpin harus mampu beribadah baik secara khusus ataupun secara umum. Yang paling terlihat adalah coba kita lihat apakah ia sudah sholat berjamaah ketika isya dan subuh?(jika muslim).

3. Kokoh Akhlaknya.
Sudah jelas ya, kalo pemimpin itu harus mampu menjaga akhlaknya. Karena sudah pasti, seorang pemimpin memberikan pengaruh dan menjadi teladan bagi rakyatnya. Sudah dipastikan jika pemimpin sebuah pemerintahan bejat, maka yang dipimpinnya juga akan bejat juga.

4. Mandiri dan Produktif.
Seorang pemimpin sudah pasti harus mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain.

5. Luas Pemikiran.
Seorang pemimpin harus terbuka, mau menerima saran. Mau melihat keluar. Dan yang paling penting, ia mampu menyebarluaskan ide dan gagasannya untuk kemajuan apa yang dipimpinnya.

6. Kuat Fisiknya.
Ya mungkin ini gak sakit-sakitan lah. Jika sudah memutuskan untuk menjadi pemimpin seharusnya ia harus berkomitmen untuk menjaga fisiknya. Tidak merokok, tidak minum-minuman keras, narkoba dll.

7. Bersungguh-sungguh dan mengendalikan dirinya.
Seorang pemimpin harus bisa bersungguh-sungguh dan mampu mengendalikan nafsunya, tidak otoriter, arogan, dan memaksakan kehendak orang lain. Dan yang paling penting, seorang pemimpin harus bisa mengendalikan dirinya. Segala masalah sudah pasti akan berdatangan silih berganti. Bisa dibayangkan jika pemimpinnya galau. Apa yang akan terjadi? tentu yang dipimpin akan ikut galau dan ini merupakan salah satu pemimpin yang salah gaul!!

8. Mampu menata semua urusannya.
Seseorang harus bisa memberikan fokusnya kepada apa yang dipimpinnya. Segala yang dilakukan harus bisa tertata dengan sangat baik. Sehingga apa yang dapat mengganggu proses ia memimpin. Seperti contohnya urusan akademik, urusan finansial, serta kepentingan-kepentingan lainnya.

9. Mampu memelihara waktunya.
Seorang pemimpin harus mampu memelihara waktunya dengan efektif dan efisien. Tidak melakukan sesuatu yang mubazir.

10. Bermaanfaat bagi orang lain.
Yang terakhir ini sudah sangat pasti bermanfaat bagi orang lain. Pemimpin harus menjadi pelayan bagi para warganya. Warga yang dipimpinnya. Percuma sekali jika pengangkatan seorang pemimpin hanyalah sebagai simbol.

Nah, setelah kita lihat dari beberapa kriteria tersebut diatas. Apakah calon pemimpin sekarang memenuhi kriteria tersebut?

No comments: