Tuesday 2 December 2014

Alasan Berkeringat Pada Saat Makan

Assalamualaikum,

Kali ini saya akan memposting tentang keluarnya keringat pada saat makan, kita sebagai manusia normal pada umumnya mengeluarkan keringat, keringat itu baik karena menandakan bahwa tubuh kita dalam kondisi yang sehat dan normal. Tapi jika pada saat makan dan mengeluarkan keringat, apa yang terjadi? Pasti akan risih bukan? Apalagi jika sedang makan malam bersama sang pujaan hati dan parahnya kita sedang makan bersama keluarganya. Pasti akan sedikit malu dan gugup, bukan?


Keringat biasanya keluar pada saat kita sedang makan makanan yang pedas atau panas sehingga menyebabkan suhu tubuh menjadi panas juga. Memang keringat yang keluar agak berlebihan saat sedang makan, rasanya cukup mengganggu, tetapi sebenarnya keringat yang keluar itu menjadi sebuah tanda bahwa sebenarnya kondisi tubuh orang tersebut cukup sehat. 

Keringat yang keluar saat sedang makan itu sebenarnya terjadi karena proses pembakaran tubuh seseorang cukup cepat. Hal ini disebabkan karena saat sedang makan proses metabolisme didalam tubuh akan meningkat. Peningkatan metabolisme tubuh inilah yang ikut meningkatkan suhu panas pada tubuh lalu tubuh  akan berusaha untuk mengeluarkan suhu panas tersebut yang keluarnya dalam bentuk keringat.

Kenapa ini sering terjadi bila kita makan makanan yang panas atau makanan yang pedas ?. Hal ini terjadi karena terjadi respon saraf yang terstimulasi oleh makanan panas atau pedas tersebut. Sebenarnya berkeringat yang banyak bukan saja terjadi saat makan makanan panas atau pedas, tetapi sering juga terjadi karena akibat dari cuaca panas disekitar kita.

Tetapi yang perlu diperhatikan bila berkeringat terus menerus setiap saat diluar dari apa yang sudah dikemukakan diatas, maka bisa saja terjadi indikasi bahwa ada gangguan kesehatan pada diri seseorang. Biasanya ini terjadi pada orang yang menderita kencing manis atau gangguan lainnya.

Oleh sebab itu bila yang terjadi adalah berkeringat terus menerus  tanpa alasan seperti yang dikemukakan diatas maka sebaiknya periksakanlah diri ke dokter spesialis penyakit dalam.
Mendeteksi penyakit lebih awal akan lebih baik untuk pencegahan atau pengobatan penyakit tersebut dengan benar. Semoga tulisan ini bermanfaat supaya kita bisa terus menjaga kesehatan tubuh dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Demikianlah dari postingan saya kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kebaikan banyak orang, Terima Kasih

Wassalam :)

No comments: