Thursday 26 February 2015

Cara Memainkan Trumpet Untuk Pemula

Trumpet

Trumpet adalah alat musik Brass yang biasanya terbuat dari silver yang bisa mengeluarkan suara tinggi wanita. Trumpet biasanya digunakan oleh pemain jazz, Marching Band, dll. Tapi kali ini gua bakal bahas trumpet di bidang Marching Band


Dalam Marching Band, trumpet mempunyai banyak teman seperti Mellophone, Baritone, Euphonium, dan Tuba. Di Marching  Band juga trumpet berperan sebagai penyanyi dan aat lain lebih sebagai pengiringnya saja. Sebenarnya ada beberapa jenis trumpet. Jenis yang paling umum adalah trompet B♭ (B-Flat biasanya juga disebut sebagai Bes), tapi trompet C, D, E♭, E, F, G dan A juga dapat ditemukan.


Cara memainkannya-pun cukup sulit jika dibandingkan dengan alat-alat lain seperti baritone, dll. Memang alat trumpet lebih ringan dari alat yang lain. Namun perlu extra effort untuk bisa memainkannya.
1. Belajarlah postur dan cara bernapas yang baik dulu, karena tidak akan bisa memainkan trumpet tanpa ada postur dan napas yang bagus. Napas yang bagus??
        a. Napas yang bagus adalah napas yang menggunakkan perut untuk mengambil udara dan sangat dilarang memakai dada karena akan membuat lebih sesak dan tidak nyaman.
        b. Jangan ada suara saat pengambilan napas karena dapat menyesakkan dada juga
        c. Buanglah dengan napas hangat. Napas hangat?? Gampangnya napas hangat itu seperti "HAH" atau saat membuat embun di cermin.
        d. Usahakan terus relax dengan pundak tidak boleh naik harus relax, relax, dan relax.
        e. Coba latihan napas 3-5 menit/hari.
2. Bibir M,, posisi bibir atas harus menjepit bibir bawah sama seperti kita mengucapkan huruf "M"
3.Coba tiup dengan air speed atau kecepatan udara karena pada saat M lips atau bibir M, dengan otomatis udara akan mengalir kebawah, benar?? Maka itu harus dengan air speed, contoh mudah dari air speed adalah pada saat kalian meniump lilin

4. Jangan mengembungkan pipi karena sangat tidak efektif dan tidak efisien, Mengapa? karena udara yang harusnya keluar justru malah berputar dulu di pipi kita baru setelah itu keluar.

5. Cobalah tiup dengan menghasilkan nada yang enak, dan terus dipastikan bahwa kita dalam posisi RELAX, RELAX, dan RELAX.

Karena pemula akan sangat tidak relax dalam mengangkat beban trumpet apalagi jika belum sesuai dengan beratnya,, Sekian dari posting kali ini Thanks :)

No comments: